Pengelolaan Lesson Study Berbasis Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri Salatiga.

WARDANI, WARDANI (2012) Pengelolaan Lesson Study Berbasis Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri Salatiga. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan karakteristik lesson study pada tahap plan (perencanaan) pembelajaran, (2) mendeskripsikan karakteristik lesson study pada tahap do (pelaksanaan), (3) mendeskripsikan karakteristik lesson study pada tahap see (refleksi), (4) mendeskripsikan karakteristik implementasi lesson study berbasis sekolah di MAN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, karena peneliti bermaksud memahami situasi sosial secara mendalam, menemukan pola, dan teori. Disamping itu karena permasalahan yang diteliti kompleks, dinamis, dan penuh makna. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan informan kunci antara lain: kepala sekolah, koordinator tim lesson study, wakil kepala urusan kurikulum, dan Guru model lesson study. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kegiatan lesson study selama putaran tahun pertama, yaitu tahun pelajaran 2010/2011 memperlihatkan bahwa peserta didik merasa pembelajaran pada open class lebih menyenangkan, sedang bagi guru peserta lesson study menyatakan termotivasi untuk melakukan pembelajaran lebih baik dan dapat mencontoh teman guru (teman sejawat) yang telah melaksanakan pembelajaran. Atas dasar hasil di atas menunjukkan lesson study berbasis sekolah di MAN Salatiga dapat menciptakan budaya masyarakat belajar antar guru (teman sejawat) antara guru dengan pakar dari Perguruan Tinggi, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: Rak Q100/2012-03
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Lesson Study Berbasis Sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 May 2012 11:41
Last Modified: 31 Jul 2012 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item