Syaifudin, Achmad (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter (Studi Situs SMP Negeri 1 Pacitan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (210kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Pacitan dalam (1) ciri-ciri setting sekolah pada pendidikan karakater, (2) ciri-ciri aktivitas mengajar guru pada pendidikan karakter, dan (3) ciri-ciri aktivitas siswa pada pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi, yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat subyek penelitian secara langsung tentang pengelolaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Pacitan. Sumber data diperoleh berdasarkan informan, arsip, dokumen sekolah resmi, tempat, dan peristiwa penelitian. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi, tahap-tahap analisisnya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (objektivitas). Hasil penelitian ini, pengelolaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Pacitan dalam (1) setting sekolah pada pendidikan karakter diwujudkan dalam bentuk implementasi strategi intervensi pada setting sekolah meliputi penguatan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada pengembangan kurikulum, pendahuluan KTSP, visi dan misi sekolah, mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Adapun untuk strategi habituasi meliputi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada budaya sekolah, peraturan tata tertib sekolah/kelas, keteladanan, dan pembiasaan warga sekolah. (2) Dalam ciri-ciri aktivitas mengajar guru pendidian karakter tidak terlepas dari kemampuan guru dalam mengerjakan aspek-aspek administrasi. Aspek-aspek tersebut meliputi pembuatan silabus, program tahunan (prota), program semester (promes), serta (RPP) yang diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter bangsa. (3) aktivitas siswa dalam pendidikan karakter sesuai dengan ketentuan yang berlaku mencakup pakaian seragam siswa, rambut, kuku, tato dan make up, masuk dan pulang sekolah, kegiatan mengikuti upacara, kegiatan mengikuti pembelajaran di kelas, pengelolaan waktu istirahat, aktivitas pada kantin kejujuran, aktivitas memelihara lingkungan dan kebersihan kelas, serta kegiatan keagamaan dan sosial. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepala sekolah, guru, dan siswa supaya meningkatkan dan mengembangkan karakter luhur sehingga menjadi the role of modell pendidikan karakter. Dengan harapan peneliti berikutnya akan melakukan penelitian dan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan pendidikan karakter, setting sekolah, aktivitas guru, aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 10:03 |
Last Modified: | 28 May 2012 13:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18875 |
Actions (login required)
View Item |