Farida, Umma (2012) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Melalui Tipe Tgt (Teams Games Tournaments) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (159kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah hasil belajar Pendidikan Agama Islam sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cooperative learning tipe TGT (team Game Tournament) Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus.Tiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Subjek diambil dengan alasan peneliti dalam mengambil subjek secara klasikal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas demokratis dengan bentuk triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, nilai rata-ratanya 69 dengan persentase nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 38% sedangkan persentase nilai dibawah KKM 62%. Pada Siklus II menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, nilai rata-ratanya 75 dengan persentase nilai di atas KKM sebanyak 68% sedangkan persentase nilai di bawah KKM 32%. Pada akhir siklus III menunjukkan ada peningkatan peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, nilai rata-ratanya 80 dengan persentase nilai di atas KKM sebanyak 91% sedangkan persentase nilai di bawah KKM 9% Dengan demikian metode cooperative learning tipe TGT (team Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, tipe TGT (Teams Games Tournament) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 09:45 |
Last Modified: | 28 May 2012 13:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18874 |
Actions (login required)
View Item |