PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN VCD BAJAKAN (Studi pada Konsumen di Kecamatan Pasar Kliwon, Kotamadya Surakarta)

WIDIGDO, ANTON (2008) PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN VCD BAJAKAN (Studi pada Konsumen di Kecamatan Pasar Kliwon, Kotamadya Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030237.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Era globalisasi dewasa ini telah berdampak terhadap pesatnya kemajuan komunikasi dan teknologi dalam hitungan detik. Dari sudut pandang bisnis, kondisi demikian melahirkan dua konsekuensi sekaligus yakni tantangan dan peluang bisnis. Dari permasalah tersebut maka peneliti merumuskan masalah yang dicermati pada penelitian ini: apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal yang terdiri dari kebudayaan,kelompok referensi, kelas sosial, dan keluarga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian VCD bajakan konsumen, apakah kelas sosial merupakan variabel yang paling dominan dalam berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli VCD bajakan pada kecamatan Pasar Kliwon Kotamadya Surakarta. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengujian regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= -14,385 + 0,250 X1 + 0,805 X2 + 1,707 X3 + 0,580 X4 dengan nilai thitung X1 sebesar 2,742, kelompok referensi (X2) diperoleh thitung sebesar 2,820 kelas sosial (X3) diperoleh thitung sebesar 6,206 dan variabel keluarga diperoleh thitung sebesar 5,325, semua nilai thitung variabel bebas tersebut > ttabel (1,985), maka seluruh variabel bebas (independen) hipotesisnya H0 ditolak artinya bahwa semua variabel bebas tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dari hasil perhitungan uji regresi linier berganda di atas diperoleh nilai beta variabel kelas sosial merupakan nilai tertinggi diantara variabel lainnya maka berdasarkan hasil tersebut variabel kelas sosial merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian karyawan. Berdasarkan uji F untuk pengaruh secara bersama-sama, diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (31,774 > 2,45), maka variabel kebudayaan, kelompok referensi, kelas sosial, dan keluarga secara bersama-sama atau serentak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,572 ini menunjukkan bahwa variabel kebudayaan, kelompok referensi, kelas sosial, dan keluarga mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 57,2%. Sedangkan sisanya sebesar 42,8% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak penulis teliti. Seperti variabel keamanan, kenyamanan, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Kelompok Referensi, Kelas Sosial, Keluarga dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 May 2009 08:26
Last Modified: 17 Nov 2010 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item