Pengelolaan Jaringan Praktek Kerja Industri Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri Jumo Temanggung

Wardhana, Frandy Kurniawan Wisnu (2012) Pengelolaan Jaringan Praktek Kerja Industri Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri Jumo Temanggung. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_Depan.pdf

Download (689kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Pendidikan kejuruan merupakan program strategis untuk menyediakan tenaga kerja tingkat menengah. Peningkatan kemandirian, pengetahuan, dan pengalaman siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan praktek kerja industri (Prakerin) yang merupakan bagian kurikulum SMK. Praktek Kerja Industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di dunia 9ndustry. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik pemilihan tempat praktek kerja industri program keahlian multimedia di SMK Negeri Jumo Temanggung, (2) karakteristik pelaksanaan praktek kerja industri program keahlian multimedia di SMK Negeri Jumo Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Jumo Temanggung. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, waka hubungan industri, dan siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemilihan tempat prakerin dilakukan dengan dua cara yaitu siswa diberikan kebebasan untuk mencari tempat prakerin sendiri dan dipilih oleh sekolah. Tempat Prakerin sesuai dengan standar kompetensi keahlian, memiliki sarana dan parasarana yang memadai, serta mampu mengkomunikasikan hak dan kewajiban siswa. Jumlah tempat Parekerin ada 40-50 perusahaan DU/DI di daerah Jawa Tengah yang meliputi Jogjakarta, Surakarta, Semarang, Magelang, Temanggung yang usahanya dibidang percetakan, advertising, video shoting, broadcasting. Pemilihan tempat prakerin disertai dengan adanya MOU antara sekolah dengan perusahaan DU/DI terkait. ; (2) Pelaksanaan prakerin terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan pra praktek industri, kegiatan selama praktek industri, dan kegiatan pasca praktek industri. Prakerin dilaksanakan selama 3 bulan di bawah pengawasan guru pembimbing. Dalam pelaksanaan Prakerin, ploting siswa dilakukan dengan mempehatikan keadaan ekonomi siswa. Sekolah melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan Prakerin dalam bentuk pemberian bimbingan dan pengawasan secara terprogram. Evaluasi pelaksanaan Prakerin dilakukan dengan melakukan uji kompetensi berupa tuga sakhir di sekolah dan pada saat di 9ndustry.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: praktek kerja industri, pemilihan tempat, pelaksanaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2012 08:07
Last Modified: 28 May 2012 13:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item