Komariyanta, Noor (2012) Kontribusi Profesionalitas Guru, Budaya Sekolah, dan Senioritas Terhadap Prestasi Sekolah (di SD Negeri Ekskawedanan Ungaran Kabupaten Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (214kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis dan menguji kontribusi profesionalitas guru, budaya sekolah, dan senioritas baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi sekolah pada sekolah dasar negeri Ekskawedanan Kabupaten Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala SD N Ekskawedanan yang berjumlah 128 Kepala Sekolah. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 95 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional randam sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi variabel profesionalitas guru, budaya sekolah, dan senioritas terhadap prestasi sekolah SD Negeri Ekskawedanan Ungaran Kabupaten Semarang secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R² sebesar 0,704 berarti variabel profesionalitas guru, budaya sekolah, dan senioritas secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel prestasi sekolah sebesar 72%. Sedangkan sisanya sebesar 28% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti, (2) terdapat kontribusi variabel profesionalitas guru terhadap prestasi sekolah SD Negeri Ekskawedanan Ungaran Kabupaten Semarang, hal ini ditunjukkan dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 16.32%. (3) terdapat kontribusi variabel budaya sekolah terhadap prestasi sekolah SD Negeri Ekskawedanan Ungaran Kabupaten Semarang, hal ini ditunjukkan dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 37.45%, (4) Terdapat kontribusi variabel senioritas terhadap prestasi sekolah SD Negeri Ekskawedanan Ungaran Kabupaten Semarang, hal ini ditunjukkan dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 16.61%. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi tidak mengalami bias atau masalah asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi dan linearitas) sehingga dapat dinyatakan BLUE (Best, Linier, Unbiased, Estimator).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas Guru,Budaya Sekolah, Senioritas, Prestasi Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 07:36 |
Last Modified: | 28 May 2012 14:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18864 |
Actions (login required)
View Item |