Marwanto, Edy (2012) Supervisi Kompetensi Akademik (Studi Situs SD Negeri 5 Masaran). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (961kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1_.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin menjabarkan penerapan teknik supervisi kompetensi akademik pada proses peningkatan mutu pembelajaran di sekolah, terutama yang mengangkat pelayanan terhadap guru dalam usaha memperbaiki mutu pembelajaran di sekolah, terutama yang menyangkut pelayanan terhadap guru dalam usaha memperbaiki mutu mengajar dan proses belajar terhadap peserta didiknya. Berdasarkan pada fokus penelitian ada tiga tujuan yang akan dikaji sebagai berikut: 1) Mengkaji karakteristik kegiatan yang dilakukan supervisor dalam supervisi akademik di SD Negeri 5 Masaran Kabupaten Sragen. 2) Mengkaji ciri-ciri interaksi antara Supervisor dengan supervie dalam supervisi akademik di SD Negeri 5 Masaran Kabupaten Sragen. 3) Mengkaji ciri-ciri kegiatan supervie dalam peningkatan mutu pembelajaran SD Negeri 5 Masaran Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1. Setiap kegiatan supervisi akademik seorang supervisor harus menyusun program baik program tahunan, semesteran, bulanan dan harian, dan harus menyampaikan atau melaksanakan program tersebut dengan baik. Agar berhasil dalam supervisi akademik ada bermacam-macam teknik yang dapat digunakan supervisor yaitu. teknik supervisi individual, dan teknik supervisi kelompok. 2. Kegiatan interaksi supervisor dengan supervie dilakukan dengan jalan supervisor berkunjung ke sekolah. Prinsip yang harus diperhatikan dan direalisasikan dalam interaksi antara supervisor dengan supervie yakni interaksi dalam proses supervisi akademik harus mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, bersifat terbuka, kesetiakawanan, dan informal, yang dilaksanakan secara berkesinambungan, demokratis, integral dengan program pendidikan, komprehensif, konstruktif dan obyektif. 3. Mutu sekolah sangat tergantung pada mutu sumber daya manusia, yang merupakan obyek supervisi akademik Mutu sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan dari Kepala Sekolah. Agar dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan, maka beberapa strategi yang mesti ditempuh antara lain; 1) Penegakan disiplin. 2) Pemberian layanan. 3) Pembinaan mutu. 4) Kesejahteraan. Dengan berbagai strategi tersebut maka mutu pendidikan sekolah akan baik karena kerja sama antara supervisor dengan supervie dalam pelaksanaan supervisi akademik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Akademik, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 May 2012 06:28 |
Last Modified: | 28 May 2012 15:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18857 |
Actions (login required)
View Item |