Pengelolaan Laboratorium Fisika Sma Rsbi (Studi Situs di SMA Negeri 1 Boyolali)

SUSILOWATI , YANIK (2012) Pengelolaan Laboratorium Fisika Sma Rsbi (Studi Situs di SMA Negeri 1 Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik tata ruang laboratorium fisika di SMA Negeri 1 Kabupaten Boyolali. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengadaan alat dan bahan laboratorium fisika di SMA Negeri 1 Kabupaten Boyolali. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik pelaporan kegiatan laboratorium fisika di SMA Negeri 1 Kabupaten Boyolali. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data tertata dalam situs untuk deskripsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Tata letak ruang laboratorium fisikaterletak bersebelahan dengan laboratorium Kimia seluas 48m 2 . Tata letak laboratorium fisika SMA Negeri 1 Boyolali, telah dikelola dengan baik dan sehigga mampu memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari sesuatu obyek dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial, menambah keterampilan dalam menggunakan alat dan media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran, dapat memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiah seorang calon ilmuwan, mampu memupuk dan membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan yang diperoleh, penemuan yang didapat dalam proses kegiatan kerja laborat. (2) Pengadaan alat dan bahan untuk keperluan pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Boyolali, direncanakan oleh guru fisika, dibuatsetiap akhir tahun, digunakan sebagai bahan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS). Perencanaan pengadaan alat merupakan usulan kebutuhan alat dan bahan secara terperinci, selain usulan pengadaan alat dan bahan dalam usulan pengadaan bahan direncanakan kebutuhan perawatan dan perbaikan alat. (3) Pelaporan kegiatan laboratorium fisika merupakan bagian dari evaluasi penggunaan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh kepala sekolah berdasarkan laporan tahunan, laporan semester dan laporan triwulan dan laporan bulanan keadaan sarana dan prasarana praktek fisika dan penggunaan bahan praktek yang dibuat oleh guru.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: tata ruang, pengadaan, pelaporan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 10:38
Last Modified: 25 May 2012 12:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item View Item