Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Di SD Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo

Nugroho, Heru (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Di SD Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui kegiatan di luar pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo; (2) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo; (3) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pelibatan orang tua murid di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan tiga prosedur yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian (1) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Sukoharjo melalui kegiatan di luar pembelajaran merupakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah yang menanamkan nilai-nilai Islam dan bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Adapun tahapan penanaman nilai-nilai Islam melalui budaya sekolah yaitu: Dengan ajakan dan pembiasaan, proses penyadaran emosi, serta proses pendisiplinan atau penegakan aturan bagi murid yang melanggar; (2) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam kegiatan pembelajaran merupakan proses penanaman karakter yang berbasis nilai-nilai Islam melalui kegiatan belajar mengajar, guru selalu mengaitkan materi pembelajaran dengan nilai-nilai Islam dan memberikan nasehat, arahan, petuah, dan petunjuk supaya murid terbiasa berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai Islam yang dilakukan sebelum atau sesudah menyampaikan materi atau di sela-sela penyampaian materi; (3) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pelibatan orang tua murid merupakan bentuk keterlibatan orang tua murid dalam membentuk karakter anak yang berbasis nilai-nilai Islam yang disepakati bersama antara staff guru, orang tua murid, murid, masyarakat, serta penyelenggara sekolah yang dituangkan dalam berbagai jenis program dan kegiatan. Salah satu kegiatannya yaitu penyediaan forum komunikasi untuk menampung gagasan dan umpan balik yang membangun di antara para penyelenggara sekolah dengan orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pendidikan karakter, nilai-nilai Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2012 09:56
Last Modified: 25 May 2012 12:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item