Formulasi Sediaan Gel Ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera (L.) Webb.) Dengan Gelling Agentgelatin Dan Uji Efek Penyembuhan Luka Bakar

Ussolehah , Naimat (2012) Formulasi Sediaan Gel Ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera (L.) Webb.) Dengan Gelling Agentgelatin Dan Uji Efek Penyembuhan Luka Bakar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Tanaman lidah buaya mampu menyembuhkan luka bakar karena memiliki kandungan senyawa acemannan yang diduga dapat berperan dalam penyembuhan luka. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan formula gel dari lidah buaya dengan menggunakan gelling agent gelatin yang memiliki kekuatan untuk membentuk gel dengan baik, ersifatantiseptik, dan sebagai penginduksi hemostasis pada perdarahan luka. Ekstrak lidah buaya diaplikasikan dalam bentuk sediaan gel dengan menggunakan variasi konsentrasi gelling agentgelatin 6%, 7% dan 8% untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kecepatan penyembuhan luka bakar dan sifat fisik gel. Luka bakar dibuat dengan menginduksi kulit punggung kelinci dengan suhu 80ºC selama 10 detik. waktu penyembuhan lukabakar dianalisis statistik dengan Anava satu jalan, dilanjutkan uji Least Significant Different (LSD) dengan taraf kepercayaan 95%. Kenaikan konsentrasi gelatin dalam sediaan gel menyebabkan peningkatan viskositas gel, daya lekat, dan menurunkan daya sebar gel, sedikit mengalami perubahan pada pH, namun tidak merubah daya proteksi dan homogenitas gel. Penggunaan formula gel ekstrak lidah buaya dengan gelling agent gelatin dalam penelitian ini dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Konsentrasi gelatin 7% paling cepat menyembuhkan luka bakar yaitu18,8 ± 0,45 hari, dibanding sediaan gel dengan konsentrasi gelatin 6% (22,2 ± 0,45 hari) dan 8% (20,8 ± 0,45 hari).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak K100/2012-08
Uncontrolled Keywords: luka bakar, lidah buaya, gel, gelatin.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 10:18
Last Modified: 13 Jul 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18772

Actions (login required)

View Item View Item