Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Anatomi Hewan Program Studi Pendidikan Biologi UMS Tahun Akademik 2011/2012

Indriyanti, Retno (2012) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Anatomi Hewan Program Studi Pendidikan Biologi UMS Tahun Akademik 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (565kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (438kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSRTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kajian dalam penelitian ini secara empiris meneliti tentang persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan kegiatan praktikum Anatomi Hewan Program Studi pendidikan Biologi Tahun Akademik 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum Anatomi Hewan dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan praktikum Anatomi Hewan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen, kinerja asisten, sarana dan prasarana, sumber belajar, pelaksanaan kegiatan dan sistem evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan penyimpulannya didasarkan atas persentase dan dideskripsikan secara kualitatif. Dari hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: 1. untuk kinerja dosen sudah dalam kategori baik, tetapi dosen harus lebih mendampingi dalam pelaksanaan praktikum dan asistensi, 2. Untuk kinerja asisten sudah baik tetapi antar asisten harus ada persamaan persepsi dalam penilaian dan pemahaman materi, 3. Sarana dan prasarana termasuk alat dan bahan yang digunakan sudah lengkap dan layak, 4. Sumber belajar yang digunakan harus diperbaharui karena kurang jelas dan terdapat banyak kesalahan, 5. Pelaksanaan kegiatan sudah baik, menarik, disiplin dan meningkatkan kerjasama, tapi untuk waktu disesuaikan dengan preparat yang dihadapi, 6. Sistem evaluasi sudah dapat mengukur kemampuan individu, tapi untuk soal pretes diberi nomor. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada pihak Laboratorium dan Program Studi Biologi untuk melaksanakan evaluasi, monitoring dan pembinaan secara berkala untuk perbaikan mutu kinerja praktikum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A4201/2012-17
Uncontrolled Keywords: persepsi, pelaksanaan praktikum, anatomi hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 May 2012 06:49
Last Modified: 21 Jun 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18716

Actions (login required)

View Item View Item