Naimahtuti, Nur Maidah (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._halaman_depan.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan matematika virtual. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas IV SD Negeri Purwosuman 5 sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain : 1) Antusias belajar siswa terhadap pelajaran matematika meningkat dari 20% menjadi 86,67%, 2) Keberanian siswa berpendapat atau bertanya mengenai materi yang belum dimengerti meningkat dari 13,3% menjadi 53,3%, 3) Kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 6,67% menjadi 40%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan matematika virtual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Pembelajaran Matematika, media pembelajaran berbasis komputer, matematika virtual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 May 2012 08:34 |
Last Modified: | 15 May 2012 12:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18694 |
Actions (login required)
View Item |