Perbandingan Antara Perkiraan Umur Kehamilan Melalui Hpmt (Hari Pertama Menstruasi Terakhir) Dengan Ultrasonografi Diameter Biparietal Fetus Pada Trimester Ketiga Di Rsud Dr.Moewardi Surakarta

Pradhana, Grata Vendy (2012) Perbandingan Antara Perkiraan Umur Kehamilan Melalui Hpmt (Hari Pertama Menstruasi Terakhir) Dengan Ultrasonografi Diameter Biparietal Fetus Pada Trimester Ketiga Di Rsud Dr.Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Menurut sabbagha (1997) mortalitas perinatal dapat terlihat empat kali lebih besar untuk ibu hamil yang tidak mengetahui secara pasti umur kehamilannya. Menurut pritchard (2006), resiko kematian perinatal dapat dikurangi dengan mengetahui secara pasti umur kehamilan ibu hamil. Ultrasonografi adalah sebuah alat yang dapat memberikan gambaran umur kehamilan secara akurat dengan menggunakan beberapa parameter antara lain BPD (Biparietal Diameter), FL (Femur Length), HC (Head circumference), AC (Abdomen Circumference). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan parameter BPD karena menurut Prawirohardjo (2007) BPD adalah parameter yang sering digunakan untuk fetus trimester kedua dan ketiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil perkiraan umur kehamilan melalui HPMT dengan Ultrasonografi BPD di RSUD DR.MOEWARDI SURAKARTA. Jenis penelitian adalah analitik observasional. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari rekam medik Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUD DR.MOEWARDI SURAKARTA periode Januari 2010 sampai Desember 2010. Sampel sebanyak 50 sampel ibu hamil trimester ketiga. Uji statistik menggunakan uji Spearman (SPSS versi 17 for windows) dengan derajat kemaknaan p < 0,05. Dari 50 sampel, sebanyak 23 sampel (46%) ada kesesuaian hasil perkiraan umur kehamilan melalui BPD dan HPMT dan 27 sampel (54%) tidak sesuai perkiraan umur kehamilan melalui HPMT dan BPD. Uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara perkiraan umur kehamilan melalui HPMT dan BPD (p = 0,00).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J500/2012-03
Uncontrolled Keywords: HPMT, Diameter Biparietal
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 May 2012 04:17
Last Modified: 07 Jul 2012 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item View Item