Perbedaan Rerata Kolesterol Total Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Penyakit Jantung Koroner Dan Tanpa Penyakit Jantung Koroner

Maulida, Rizca Agil (2011) Perbedaan Rerata Kolesterol Total Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Penyakit Jantung Koroner Dan Tanpa Penyakit Jantung Koroner. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Latar Belakang : DM yang tidak dikontrol dengan baik akan mengakibatkan komplikasi makrovaskular seperti PJK. Mekanisme terjadinya PJK pada DM sangat kompleks dan risiko terjadinya aterosklerosis dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor risiko yang fundamental pada kejadian PJK adalah kolesterol dan lemak dalam darah. Penurunan kadar kolesterol total sebesar 20% akan menurunkan risiko koroner sebesar 10% dan hampir pada semua kasus PJK didapatkan plak aterosklerosis pada dinding arteri akibat substansi ini. Tujuan : untuk mengetahui perbedaan rerata kadar kolesterol total pada pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dengan penyakit jantung koroner dan tanpa penyakit jantung koroner di RSUD Dr. Moewardi. Metode : penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien DM Tipe 2 yaitu pria berusia ≥ 45 tahun dan wanita berusia ≥ 55 tahun yang menjalani perawatan di bagian Penyakit Dalam dan Penyakit Jantung di RSUD Dr. Moewardi pada tahun 2008-2010. Subyek penelitian sebanyak 82 pasien DM Tipe 2 yaitu 41 pasien dengan PJK dan 41 pasien tanpa PJK. Data diperoleh dari rekam medis dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui signifikansi perbedaan rerata kadar kolesterol total pasien DM Tipe 2 dengan PJK dan tanpa PJK di RSUD Dr. Moewardi digunakan uji independent sample t test. Perbedaan dianggap bermakna bila nilai p<α (α=0,05). Hasil : didapatkan rerata kadar kolesterol total pada pasien DM Tipe 2 dengan PJK sebesar 202,05 ± 47,63 mg/dL dan pasien DM Tipe 2 tanpa PJK sebesar 178,24 ± 42,22 mg/dL. Analisis independent sample t test didapatkan nilai p=0,019 <α=0,05 (bermakna). Kesimpulan : Terdapat perbedaan rerata kadar kolesterol total pada pasien DM Tipe 2 dengan PJK dan tanpa PJK di RSUD Dr. Moewardi (kadar kolesterol total pasien DM Tipe 2 dengan PJK lebih tinggi secara bermakna daripada pasien DM Tipe 2 tanpa PJK).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J500/2012-30
Uncontrolled Keywords: Kolesterol total, DM, PJK
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 May 2012 04:13
Last Modified: 07 Jul 2012 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18630

Actions (login required)

View Item View Item