Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Congklak (Dakon) Pada Anak Lamban Belajar Kelas 1 SDN 01 Jatimulyo Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Sutarman, Sutarman (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Congklak (Dakon) Pada Anak Lamban Belajar Kelas 1 SDN 01 Jatimulyo Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah yaitu : Apakah dengan menggunakan permainan dakon/congklak dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 SD Negeri 01 Jatimulyo tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 SDN 01 Jatimulyo tahun pelajaran 2011/2012 melalui permainan dakon. Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 dengan penggunaan permainan dakon/congklak. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas 1 SDN 01 Jatimulyo, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 56, siklus II 57, siklus III 75,2. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan dakon/congklak dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 SD Negeri 01 Jatimulyo Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa permainan dakon/congklak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2012 05:55
Last Modified: 07 May 2012 13:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18549

Actions (login required)

View Item View Item