Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dengan Sikap Terhadap Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Pada Wanita Usia Produktif Di Desa Kalibening

Suryani, Efi (2012) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dengan Sikap Terhadap Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Pada Wanita Usia Produktif Di Desa Kalibening. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
3._BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)

Abstract

Kanker payudara adalah penyebab kematian paling besar bagi perempuan berusia antara 45-50 tahun. Kanker payuda ra dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Dalam mempersepsikan obyek, sikap individu akan dipengaruhi oleh pengetahuan, pengalaman, cakrawala, keyakinan, proses belajar dan hasil proses belajar. Pe nelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kanker payudara dengan sikap terhadap periksa payudara sendiri (SADAR I) pada wanita usia produktif di Desa Kalibening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Analitik. Sampel penelitian sebanyak 79 Wanita Usia 21-45 tahun dengan teknik Simple Random Sampling . Variabel yang diteliti adalah tingkat pengetahuan tentang kanker payudara dan sikap terhadap SADARI. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisa data menggunakan Chi square. Kesimpulan. (1) Pengetahuan responden tentang kanker payudara mayoritas adalah cukup (39,2%), kemudian kurang (32,9%), dan baik (27,8%). (2) Sikap responden terhadap periksa payudara sendiri (SADARI) lebih banyak sikap yang kurang baik (72,2%) dari pada sikap yang baik (27,8%). (3) Ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kanker pa yudara dengan sikap terhadap periksa payudara sendiri (SADARI) pada wanita usia produktif di Desa Kalibening (p-value = 0,001).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-10
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan,Sikap,SADARI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 May 2012 11:18
Last Modified: 06 Jul 2012 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item