LESTARI, SRI (2012) Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Permainan Pencampuran Warna Pada Anak Kelompok B TK ABA I Gedung Sierad Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (74kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains melalui permainan pencampuran warna pada anak kelompok B1 TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan berkolaborasi dengan guru. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA I Gedung Sierad Klaten yang berjumlah 20 anak. Objek penelitiannya adalah peningkatan kemampuan sains melalui permainan pencampuran warna pada anak kelompok B TK ABA I Gedung Sierad Klaten 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan sains anak dan menghitung persentase pencapaian kemampuan sains anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini dapat di lihat peningkatan kemampuan sains pada siklus I sebesar 16% (kondisi awal 44,75% menjadi 50,25%) dan peningkatan pada siklus II sebesar 27% (siklus I 50,25% menjadi 80,13%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | warna, kemampuan sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 May 2012 05:13 |
Last Modified: | 02 May 2012 13:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18429 |
Actions (login required)
View Item |