Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Writing In The Here And Now Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Guyangan Tahun Pelajaran 2011-2012

ERNAWATI, SISKA (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Writing In The Here And Now Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Guyangan Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Guyangan melalui penerapan strategi writing in the here and now. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Guyangan sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Guyangan yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain, tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis pada kondisi awal diperoleh rata-rata nilai 51,25 dengan ketuntasan belajar 21% dari 24 orang siswa. pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 62,29 dengan ketuntasan belajar 58% dari 24 orang siswa. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 74,38 dengan ketuntasan belajar 88% dari 24 orang siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan strategi writing in the here and now dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan Pada siswa kelas IV SD Negeri Guyangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan, strategi writing in the here and now.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 11:19
Last Modified: 01 May 2012 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18427

Actions (login required)

View Item View Item