Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Clay Pada Anak Didik Kelompok A TK Al Islam 9 Al Fajar Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Rahayu, Hidayati Sri (2012) Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Clay Pada Anak Didik Kelompok A TK Al Islam 9 Al Fajar Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan permainan clay. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A1 di Taman Kanak-Kanak Al Islam 9 Al Fajar Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Obyek penelitian ini adalah kreativitas anak. Data kreativitas anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang pembelajaran permainan clay dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data kreativitas dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata kreativitas anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Analisis data pembelajaran clay dilakukan dengan analisis interaktif, yaitu mengkroscek hasil observasi pembelajaran setiap siklus. Skor rata-rata kreativitas anak sebelum dilakukan tindakan adalah 37,5%. Setelah siklus I kreativitas anak meningkat menjadi 56,4%, pada siklus II kreativitas anak meningkat menjadi 75% dan pada siklus III meningkat menjadi 85,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan clay dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Al Islam 9 Al Fajar Surakarta Tahun 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-33
Uncontrolled Keywords: kreativitas, permainan clay
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 11:07
Last Modified: 25 Jun 2012 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

View Item View Item