Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kanker Serviks Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi Deteksi Dini Kanker Serviks Di Wilayah Kecamatan Karanganyar

Wulandari, Retno (2012) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kanker Serviks Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi Deteksi Dini Kanker Serviks Di Wilayah Kecamatan Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lmapiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Kanker serviks di Indonesia menduduki tempat ke dua dalam urutan keganasan pada wanita yaitu 16 per 100.000 penduduk wanita. Besarnya kematian akibat kanker serviks terjadi karena pasien datang pada stadium lanjut. Sehingga program deteksi dini kanker merupakan solusi terbaik. Kebanyakan masyarakat khususnya para wanita masih kurang peduli terhadap penyakit kanker ini, sehingga perlu ditingkatkan program edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi dalam deteksi dini secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang kanker serviks terhadap pengetahuan dan motivasi deteksi dini kanker serviks. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen (praeksperimen) dengan rancangan pretest and posttest with control group design. Perlakuan yang diberika adalah pendidikan kesehatan tentang kanker serviks dengan media leaflet. Jumlah sampel keseluruhan 91 responden terdiri dari 46 responden kelompok perlakuan dan 45 responden untuk kelompok kontrol, teknik pengambilan sampel dengan purposif sampling. Analisis perbedaan pretest dan posttest pengetahuan dan motivasi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dilakukan dengan uji Mann Whitney Test, diperoleh nilai Zhitung 0,144 dengan p-value 0,885 untuk pretest, sehingga tidak ada perbedaan pengetahuan. Hasil uji pada posttest diperoleh hasil Zhitung 7,482 dengan p-value 0,00, maka terdapat perbedaan pengetahuan posttest. Hasil analisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan motivasi deteksi dini melalui uji Wilcoxon Rank Test pengetahuan pada kelompok perlakuan diperoleh nilai Zhitung 5,856 dengan p-value 0,00, maka ada peningkatan pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang kanker serviks. Uji Wilcoxon Rank Test motivasi pada kelompok perlakuan diperoleh nilai Zhitung 5,909 dengan p-value 0,00, maka ada peningkatan motivasi setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian ini tidak hanya pada kasus kanker serviks tetapi pada masalah kesehatan wanita yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-03
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, pengetahuan, kanker serviks, motivasi deteksi dini
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 05:30
Last Modified: 06 Jul 2012 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item View Item