Hubungan Antara Pola Makan Dengan Kejadian Obesitas Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta

Martaningrum, Nugraheni and , Arif Widodo, A.Kep. M.Kes and , Abi Muhlisin, SKM, M.Kep (2012) Hubungan Antara Pola Makan Dengan Kejadian Obesitas Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKa.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan dan keluaran energi sehingga terjadi kelebihan energi yang selanjutnya disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan mahasiswa salah satunya adalah lingkungan. Lingkungan dapat mempengaruhi pola makan mahasiswa yaitu pola makan baik dan teratur atau pola makan yang tidak teratur dan tidak baik. Hasil studi pendahuluan bahwa 10 mahasiswa ada yang memiliki pola makan teratur dan ada yang tidak teratur. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pola makan dengan kejadian obesitas pada mahasiswa di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan crosssectional. Sampel sebanyak 40 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengalami obesitas. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pola makan dan menghitung masa indeks tubuh responden. Data penelitian selanjutnya diuji dengan uji fisher exact. Hasil penelitian menunjukkan 18 responden (45%) memiliki pola makan baik dan teratur, sedangkan 22 responden (55%) dengan pola makan tidak baik dan tidak teratur. Hasil perhitungan IMT diperoleh 26 responden (65%)yang memiliki obesitas ringan sedangkan responden 14 responden (35%) memiliki obesitas berat. Hasil uji statistic fisher exact menunjukkan p = 0,021, sehingga disimpulkan ada hubungan antara pola makan dengan kejadian obesitas pada (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Makan, Obesitas, mahasiswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 04:47
Last Modified: 18 Nov 2019 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18397

Actions (login required)

View Item View Item