Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Dengan Menggunakan Metode Tgt (Teams Games Tournament) Melalui Permainan Tradisional Sudamanda Pada Siswa Kelas Vii Bi Di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Novitasari , Novitasari (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Dengan Menggunakan Metode Tgt (Teams Games Tournament) Melalui Permainan Tradisional Sudamanda Pada Siswa Kelas Vii Bi Di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang terdapat kelemahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan metode TGT (Teams Games Tournament) melalui permainan tradisional sudamanda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Indikator yang ingin dicapai hasil kognitifnya mencapai 85%. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Nilai KKM 65, sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (19,05%) yang dapat mencapai nilai KKM, siklus I meningkat menjadi 16 siswa (72,72%) dan pada sikus II sebesar 20 siswa (90,90%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 51,86 meningkat pada siklus I yaitu 69,18 dan pada siklus II menjadi 77,5. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif, skor nilai pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TGT (Teams Games Tournament) melalui permainan tradisional sudamanda dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi ekosistem kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, TGT (Teams Games Tournament), Permainan Tradisional Sudamanda, ekosistem.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 01 May 2012 04:17
Last Modified: 01 May 2012 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item