Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Pada Pasangan Usia Subur Terhadap Perilaku Pemeriksaan Pap Smear Di Desa Pucangan Kartasura Sukoharjo

Sukmana, Wahyu Tri Nur (2012) Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Pada Pasangan Usia Subur Terhadap Perilaku Pemeriksaan Pap Smear Di Desa Pucangan Kartasura Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Kanker leher rahim merupakan penyebab kematian utama kanker pada wanita di negara-negara sedang berkembang. Di Indonesia diperkirakan sekitar 90-100 kanker baru di antara 100.000 penduduk pertahunnya, atau sekitar 180.000 kasus baru pertahun, dengan kanker leher rahim menempati urutan pertama di antara kanker pada wanita. Deteksi dini kanker rahim dilakukan dengan pemeriksaan Pap Smear (pap test). Pemeriksaan ini berguna sebagai pemeriksaan penyaring (skrining) dan pelacak adanya perubahan sel kearah keganasan secara dini sehingga kelainan pra-kanker dapat terdeteksi serta pengobatannya menjadi lebih mudah dan murah. Meskipun demikian kenyataannya banyak sekali wanita yang belum menyadari pentingnya pemeriksaan pap smear. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang pencegahan dini kanker leher rahim dengan perilaku pemeriksaan pap smear pada pasangan usia subur di Desa Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian korelasonal dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 92 pasangan usia subur yang terdiri suami dan istri berumur 20-45 tahun di Desa Pucangan Kecamatan Kartasura Sukoharjo. Teknik pengolahan data menggunakan teknik chi square. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pengetahuan ibu terhadap pencegahan dini kanker leher rahim sebagian besar adalah kurang (62%), (2) sikap ibu terhadap pencegahan dini kanker leher rahim sebagian besar adalah kurang (53%), (3) perilaku pemeriksaan pap smear pada pasangan usia subur di Desa Pucangan, Kartasura, Sukoharjo sebagian besar adalah tidak melakukan pemeriksaan (85%), (4) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang pencegahan dini kanker leher rahim dengan perilaku pemeriksaan pap smear (p-value= 0,005), dan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap tentang pencegahan dini kanker leher rahim dengan perilaku pemeriksaan pap smear pada pasangan usia subur di desa Pusangan Kartasura Sukoharjo (p-value= 0,010).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-06
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, perilaku pemeriksaan, pap smear.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2012 11:33
Last Modified: 06 Jul 2012 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item