Hubungan Antara Faktor Tingkat Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Lansia Yang Tidak Mempunyai Pasangan Hidup Di Wilayah Puskesmas Gemolong II

Wahyuni, Tri (2012) Hubungan Antara Faktor Tingkat Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Lansia Yang Tidak Mempunyai Pasangan Hidup Di Wilayah Puskesmas Gemolong II. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
3._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Seorang lanjut usia (lansia) biasanya mengalami berbagai masalah seperti masalah fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Rasa sepi sebagai akibat meninggalnya pasangan hidup lanjut usia dapat menambah cemas. Berat ringannya kecemasan pada lansia dapat dipengaruhi latar belakang tingkat pendidikan lansia, dukungan keluarga yang diporoleh lansia dalam mengatasi kecemasannya. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara faktor tingkat pendidikan dan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan lansia yang tidak mempunyai pasangan hidup di wilayah Puskesmas Gemolong II. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi sebanyak 382 lansia yang tidak mempunyai pasangan. Sampel penelitian sebanyak 79 orang lansia yang tidak mempunyai pasangan hidup dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Alat analisis data menggunakan uji Kendall tau dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan 28 orang tidak sekolah, 30 orang berpendidikan SD, 18 orang berpendidikan SMP, 3 orang SMA. Sebanyak 40 responden kurang mendapat dukungan keluarga, 35 orang cukup mendapat dukungan keluarga dan 4 orang mendapat dukungan keluarga dengan baik. 41 orang mengalami kecemasan ringan, 21 orang dengan kecemasan sedang, 17 orang mengalami kecemasan berat. Hasil uji korelasi Kendall tau antara tingkat pendidikan dengan kecemasan sebesar r = -0,182 p = 0,044. Hasil uji antara dukungan keluarga dengan kecemasan r = -0,198 dengan p = 0,014. Hasil uji regresi berganda diperoleh persamaan Y = 52,638-2,030X1 -0,326X2. Faktor tingkat pendidikan merupakan faktoryang lebih dominan dibanding dengan faktor dukungan keluarga dalam mempengaruhi dengan tingkat kecemasan lansia yang tidak mempunyai pasangan hidup di wilayah Puskesmas Gemolong II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan,dukungan keluarga,kecemasan,lanjut usia, pasangan hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 30 Apr 2012 10:07
Last Modified: 30 Apr 2012 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item View Item