Mu’azis Kuswara, Rizal (2012) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Profesionalisme Mengajar Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Nawangan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (212kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
Abstract
Kinerja guru merupakan hasil dari prestasi yang dicapai guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan tugas profesi. Namun, ada masalah yang menyebabkan kinerja guru rendah yaitu dari rendahnya persepsi profesional guru dalam pelaksanaan pembelajaranterhadap tugas profesi guru. Guru yang memiliki persepsi profesionalisme mengajar baik akan memiliki kinerja tinggi.Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, salah satunya adalah faktor persepsi terhadap profesionalisme mengajar. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap profesionalisme mengajar dengan kinerja guru.Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan hubungan positif antara persepsi terhadap profesionalisme mengajar dengan kinerja guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di kecamatan Nawangan yang berjumlah 85 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling artinya kelompok-kelompok sampel tersebut mempunyai peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian namun penentuannya menggunakan undian. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi terhadap profesionalisme mengajar dan data dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan product moment diperoleh nilai Koefisien (r) sebesar0,321; p = 0,003 (p < 0,01)artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap profesionalisme mengajardengan kinerja guru.Sumbangan efektif antara variabelpersepsi profesionalisme mengajar terhadapkinerja guru sebesar10,3%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel persepsi terhadap profesionalisme mengajar mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 106,87 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 80yang berarti persepsi terhadap profesionalisme mengajar pada subjek tergolong tinggi. Sedangkan pada rerata empirik kinerja guru sebesar 85,13 dan rerata hipotetik (60) yang berarti kinerja guru pada subjek penelitian tergolong tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap profesionalisme mengajardengan kinerja guru SD di kecamatan Nawangan. Kata kunci :persepsi terhadap profesionalisme mengajar, kinerja guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kunci :persepsi terhadap profesionalisme mengajar, kinerja guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 27 Apr 2012 10:14 |
Last Modified: | 27 Apr 2012 10:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18334 |
Actions (login required)
View Item |