Telaah Cerita Anak Upin Dan Ipin Dari Sudut Pandang Pendidikan Islam Serta Pengaruhnya Terhadap Anak (Studi Kasus di Desa Kebon Ploso Pacitan tahun 2011)

Sanusi, Anwar (2012) Telaah Cerita Anak Upin Dan Ipin Dari Sudut Pandang Pendidikan Islam Serta Pengaruhnya Terhadap Anak (Studi Kasus di Desa Kebon Ploso Pacitan tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Parmasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana deskripsi cerita anak “Upin dan Ipin” ditinjau dari segi pendidikan agama?, Nilai-nilai apa yang terkandung dalam cerita anak “Upin dan Ipin” yang mempengaruhi akhlak anakanak di Kebon Ploso Pacitan?, dan Apakah dampak negatif dan positif dari cerita anak “Upin dan Ipin” pada anak-anak di Kebon Ploso Pacitan? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan cerita anak Upin dan Ipin ditinjau dari segi pendidikan, 2) memetakan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita anak “Upin dan Ipin” mempengaruhi akhlak anak-anak di Kebon Ploso Pacitan, dan 3) menentukan dampak negatif dan positif dari cerita anak “Upin dan Ipin” pada anak-anak di Kebon Ploso Pacitan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan penelitia kualitatif yang mana memerlukan data kata-kata tertulis, peristiwa dan perilaku yang diamati. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif yang mana think analisis kualitatif adalah proses pengolahan data dengan cara mengatur urutan data, mengorganisasikan kedalam suatu pola, mengkategorikan dan menguraikan. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: 1). Deskripsi cerita anak Upin dan Ipin ditinjau dari segi pendidikan agama adalah dapat dilihat dari segi tema, karakterisasi dan setting yaitu disimpulkan bahwa anak dapat dilatih untuk belajar agama dari kecil bermula dari mempelajari moment di hari-hari besar dan adat keagamaan setiap hari. Dalam film Upin dan Ipin dari segi apapun telah terbukti segala nilai yang ditunjukkan di dalamnya. 2) Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita anak “Upin dan Ipin” yang mempengaruhi akhlak anak-anak di Kebon Ploso Pacitan adalah nilai agama, sosial dan budaya. Nilai-nilai dimana dapat diambil kesimpulan bahwasanya seorang anak menerima sesuatu lebih mudah karena ada unsur kekanakan di dalamnya, dan 3) Dampak positif tampak pada penggarapan Upin & Ipin di Indonesia ditandai oleh bukti pada observasi di kebon Ploso yang mana dengan adanya film ini, secara agama jelas memudahkan penghayatan keberagamaan dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan keberagamaan terasa segar dan apa adanya, tanpa terpoles penghayatan kebergamaan yang dipaksakan, secara budaya film ini menampilkan budaya melayu sehingga menjadi mendia pengenal budaya maupun tumbuhnya rasa percaya diri terhadap budaya yang sarat nilai. Dampak negatif dari film Upin-Ipin tidak begitu menonjol, tetapi ada sedikit yang harus diperhatikan kepada orang tua terutama para orang tua di Kebon Ploso Pacitan, ketika anak-anak mulai ketagihan dalam menonton, kemungkinan mereka akan melupakan kewajiban mereka untuk belajar yang lain seperti belajar mata pelajaran yang lain

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-19
Uncontrolled Keywords: Upin dan Ipin, Tarbiyah, Pendidikan Islam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Apr 2012 09:31
Last Modified: 04 Jul 2012 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item View Item