Andrianto, Feri (2012) Nilai Pendidikan Akhlak Hubungan Guru Dengan Murid Dalam Serat Wulangreh Karya Sri Susuhunan Pakoe Buwono IV. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (256kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Nilai-nilai keutamaan yang bersumber pada wahyu (Al-Qur’an dan Hadist) dan budaya lokal yang merujuk pada nilai-nilai ilahiyah tidak pernah terkikis oleh roda zaman dan selalu menjadi denyut kearifan dan kebijaksanaan perilaku orang Jawa. Skripsi yang berjudul “Nilai Pendidikan Akhlak Hubungan Guru dengan Murid dalam Serat Wulangreh Karya Sri Susuhunan Pakoe Buwono IV” mencoba untuk menelusuri ajaran-ajaran hidup orang Jawa yang diwujudkan dalam bentuk tembang yang sangat sejalan dengan nilai pendidikan akhlak dalam Islam. Tujuan dari penilitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak dan hubungan guru dan murid dalam Serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakoe Buwono IV. Sehingga dapat teridentifikasi apa saja yang menjadi kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dan murid, dan bagaimana pola interaksi yang seharusnya ada antara guru dan murid. Penelitian ini bersifat kualitatif literer yang mana data dan informasi yang diperoleh dari kajian pustaka (library research). Data yang terdiri dari data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan content analiysis. Adapun langkah-langkahnya antara lain : merumuskan dengan tepat apa yang ingin diteliti dan semua tindakan berdasarkan pada tujuan, memilih unit analisis yang dikaji, memilih objek penelitian yang menjadi sasaran analisis, menganalisis satuan makna dan kategori, kemudian mencari hubungan satu dengan yang lainnya untuk menemukan arti dan isi tujuan komunikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakoe Buwono IV mengandung banyak nilai pendidikan akhlak yang terkait dengan ajaran budi pekerti terutama bagaimana kewajiban seorang individu dalam menuntut ilmu. Seorang murid dianjurkan untuk mencari guru sejati, diantara ciri-ciri guru yang pantas untuk dijadikan guru hendaknya harus mempunyai kompetensi diantaranya orang yang benar, orang yang baik martabatnya, orang yang tahu akan hukum, orang yang wirai, orang yang tak mengharapkan pemberian orang lain yang menuntut tentang integritas seorang guru. Sedangkan nilai hubungan guru dengan murid yang ada dalam serat wulangreh, digambarkan seperti sumur lan timba (sumur dan gayung) hendaknya timba (murid) yang datang kepada guru, bukan sumur (guru) yang mencari timba (murid). Sehingga kewibawaan guru dapat terjaga dan etika murid terhadap guru dapat terjaga secara harmonis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak G000/2012-17 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Akhlak, Hubungan guru dengan murid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Apr 2012 08:52 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 05:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18322 |
Actions (login required)
View Item |