Peran Pondok Pesantren Terhadap Pendidikan Dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren Baitul Musthofa Mojosongo, Jebres, Surakarta)

AMMALLA SARI , TITTI (2011) Peran Pondok Pesantren Terhadap Pendidikan Dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren Baitul Musthofa Mojosongo, Jebres, Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang dipergunakan untuk penyebaran agama dan tempat mempelajari agama Islam serta mengembangkan pendidikan keterampilan, pembinaan pribadi muslim, dan juga mengadakan perubahan dan perbaikan sosial dan kemasyarakatan. Tujuan pendidikan di pondok pesantren adalah membentuk kepribadian muslim yang menguasai ajaran-ajaran Islam dan mengamalkannya, sehingga bermanfaat bagi agama, masyarakat, dan Negara. Salah satu tempat pendidikan dan pengajaran yang menekankan pelajaran agama Islam adalah Pondok Pesantren Baitul Musthofa di desa Mojosongo. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana peranan Pondok Pesantren Baitul Musthofa Terhadap Pendidikan Masyarakat dalam mengembangkan ajaran agama Islam di masyarakat? dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Baitul Musthofa? Berawal dari Pondok Pesantren Baitul Musthofa sebagai salah satu pesantren yang didalamnya terdapat pendidikan yang dapat membentuk kemandirian dan pengembangan masyarakat, maka dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penilitian lebih lanjut terhadap keberadaan Pondok Pesantren Baitul Musthofa. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu: untuk mengetahui peran Pondok Pesantren Baitul Musthofa terhadap pendidikan masyarakat beserta faktor-faktor yang menjadi pendukungnya dan faktor-faktor yang menjadi penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Pondok Pesantren Baitul Musthofa mempunyai peran yang sangat penting bagi pembinaan masyarakat Desa Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta khususnya di bidang agama yaitu menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat desa Mojosongo untuk selalu mendalami ilmu agama sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan akhirat kelak yang dilakukan dengan mengadakan majlis ta’lim yang bertempat di masjid-masjid, mushola-mushola dan juga di rumah sebagian warga desa Mojosongo yang bersedia menyiapkan tempat untuk pengajian. Adapun faktor pendukung dalam pendidikan masyarakat ini adalah Masyarakat Mojosongo sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan Pondok Pesantren Baitul Musthofa. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui adalah kurangnya dana untuk lebih mengembangkan Pondok Pesantren Baitul Musthofa. Kata kunci: Peran Pondok Pesantren, Pendidikan Masyarakat

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pondok Pesantren, Pendidikan Masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 26 Apr 2012 10:07
Last Modified: 26 Apr 2012 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18303

Actions (login required)

View Item View Item