Subkhan, Ahmad (2012) Studi Penerapan Metode Al-Mahir Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di PPQ Al-Mahir Gawanan, Colomadu, Karanganyar Th 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (313kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (568kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
Abstract
Diantara banyaknya nikmat yang harus kita syukuri adalah semakin populernya proses belajar-mengajar Al-Qur’an. Dengan berbagai varian progam dan media, kaum muslimin dapat mengkaji kitab sucinya dari berbagai sisi. Tidak hanya di tingkat anak, orang dewasapun keingginan untuk mempelajari Al-Qur’an meninggkat. Indikasinya, meski banyak varian yang diterbitkan, kini berbagai mushaf dengan aneka ragam fiturnya mendapatkan sambutan yang hangat dikalangan Muslimin. Oleh karena itu, para penggajar tinggal memilih metode yang cocok baginya. Tentunya metode yang praktis dan cepat. Metode Al-Mahir merupakan salah satu metode yang praktis dan cepat, dengan menggunakan pendekatan ciri huruf dan tanda baca tertentu yang ada dalam mushaf Al-Qur’an standar Madinah dengan menggunakan Rasm Ustmani serta membiasakan membaca secara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Berpijak pada permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ”Studi Penerapan Metode Al-Mahir Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di PPQ Al-Mahir Gawanan, Colomadu, Karanganyar Th 2011-2012. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Al-Mahir dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an? (2) Usaha apa yang dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an di PPQ Al-Mahir Gawanan, Colomadu, Karanganyar? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan metode pengajaran Al-Mahir dalam meningkatkan baca Al-Qur’an di PPQ Al-Mahir, Gawanan, Colomadu, Karanganyar serta untuk mengetahui Usaha yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan baca Al-Qur’an di PPQ Al-Mahir, Gawanan, Colomadu, Karanganyar. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penjabarannya tidak menggunakan angka-angka (statistik). Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara langsung dengan kepala PPQ Al-Mahir, Gawanan, Colomadu, Karanganyar serta Ustadz/ustadzah yang mengajar di PPQ Al-Mahir, observasi kelokasi penelitian, serta dokumentasi PPQ Al-Mahir dan selanjutnya dilakukan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa studi penerapan metode Al-mahir dalam pembelajaran Al-Qur’an di PPQ Al-Mahir, Gawanan, Colomadu, Karanganyar dipandang sudah efektif. Melalui tahapan yang logis peserta didik diajarkan bagaimana cara membaca Al-Qur’an secara tartil sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Adapun Usaha yang dilakukan para ustadz/ustadzah dalam meningkatkan baca Al-Qur’an di PPQ Al-Mahir adalah dengan membuka progam pendidikan yang berupa progam Pemula, PraTahsin, tahsin dan Tahfidz .
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak G000/2012-20 |
Uncontrolled Keywords: | Metode pengajaran Al-Qur’an, Al-Mahir, Baca Tulis Al-Quran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 10:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 05:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18302 |
Actions (login required)
View Item |