Latifah, Yunia Rahmawati (2008) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410040028.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menganalisis dan menguji peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penarapan Improving Learning dengan metode diskusi kelompok. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Subjek yang melakukan tindakan penelitian adalah guru matematika bekerja sama dengan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Penelitian dilakukan dalam tiga kali putaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun presentase peningkatannya adalah sebagai berikut:1) keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru atau siswa lain mengalami peningkatan sebesar 39,21 %. 2) keaktifan siswa dalam berinteraksi dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan sebesar 84,62 %. 3) keaktifan siswa dalam menjawab atau memberikan pendapat mengalami peningkatan sebesar 42,80 %. 4) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal mengalami peningkatan sebesar 21,36 %. 5) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 66,67 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Improving Learning, keaktifan, diskusi kelompok, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2008 03:18 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/183 |
Actions (login required)
View Item |