Sugiyarti , Eni (2011) Perbedaan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri antara Sebelum dan Sesudah Sertifikasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (429kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (323kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya program sertifikasi guru untuk meningkatkan profesionalitas para guru sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama juga mendapat perhatian yang sama dalam program sertifikasi guru. Seluruh rangkaian tahapan untuk mendapatkan sertifikat guru profesional telah ditempuh oleh para guru di Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri sebagai upaya untuk memenuhi standar mutu guru profesional. Hanya saja, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sertifikasi terhadap peningkatan kinerja guru, perlu dilakukan sebuah penelitian. Rumusan masalah penelitian ini adalah "Adakah perbedaan kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri antara sebelum dan sesudah sertifikasi ditinjau dari aspek penguasaan kompetensi, penguasaan materi, penguasaan metode mengajar, dan penguasaan evaluasi?" Sedang tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri antara sebelum dan sesudah sertifikasi ditinjau dari aspek penguasaan kompetensi, penguasaan materi, penguasaan metode mengajar, dan penguasaan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri pada bulan Pebruari sampai dengan April 2011, dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri antara sebelum bersertifikasi dan sesudah bersertifikasi ditinjau dari aspek penguasaan kompetensi, penguasaan materi, penguasaan metode mengajar, dan penguasaan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) sebab data-data yang dikumpulkan diperoleh dari angket terhadap siswa dengan pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menggunakan perhitungan statistik sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) data primer, yaitu data atau informasi yang diperoleh peneliti secara langsung melalui angket terhadap siswa, (2) data sekunder, yaitu data atau informasi yang diperoleh dari wawancara, pengamatan di lapangan, buku-buku di perpustakaan, tulisan-tulisan ilmiah, majalah, dan hasil penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang telah bersertifikasi berjumlah 33 guru dan betugas di Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri pada tahun pelajaran 2010/2011. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus T-Test (Uji T). Berdasar kepada hasil analisis data dengan menggunakan T-Test diperoleh thitung = 16,83 dan dari tabel diketahui nilai t untuk taraf signifikansi 5% adalah = 2,04. Oleh karena thit > ttabel ; 16,83 > 2,04 maka Ho ditolak, dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada perbedaan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri antara sebelum dan sesudah sertifikasi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak G000/2012-14 |
Uncontrolled Keywords: | sertifikasi, kinerja guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 08:50 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 05:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18299 |
Actions (login required)
View Item |