Latif, Muhammad (2012) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (328kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (219kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
Abstract
Akhlak mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam Islam, karena kesempurnaan Iman seseorang tergantung kepada kebaikan akhlaknya. Manusia yang dikehendaki Islam adalah manusia yang memiliki akhlak mulia, manusia yang memiliki akhlak mulialah akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat. Proses penyampaian pendidikan akhlak ada banyak cara. Pertama tabligh, yaitu penyampaian secara terbuka nilai-nilai akhlak secara pintas, menarik dan populer; Kedua ta’lim, yaitu bersifat selektif, tetap, dan terbatas. Habiburrahman El-Shirazy menggunakan karya sastra novel sebagai media penyampaian pesan-pesan ajaran Islam, salah satunya adalah novel Cinta Suci Zahrana. Rumusan masalah dalam penelitian ini, nilai-nilai pendidikan akhlak apa yang terkandung dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam novel Cinta Suci Zahrana, terutama terkait dengan akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap manusia dan akhlak terhadap alam. Adapun yang diharapkan adalah mampu menambah wawasan tentang media pendidikan akhlak, mampu memberikan kontribusi bagi pembaca dalam memahami hikmah suatu cerita dan sebagai transformasi nilai pendidikan yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy; dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys). Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, yaitu: beribadah kepada Allah (shalat dan puasa), menyegerakan dalam beribadah, mentauhidkan Allah, berdzikir dan berdo’a, bersyukur serta melakukan sesuatu semata-mata hanya karena Allah swt; (2) Nilai pendidikan akhlak terhadap manusia: (a) Akhlak terhadap diri sendiri, yaitu; nilai kejujuran terhadap diri sendiri dan orang lain, dapat dipercaya, sabar dalam menghadapi cobaan, bekerja keras guna mencapai target yang diinginkan, disiplin waktu, memiliki jiwa yang ikhlas serta menerapkan hidup sederhana dan tidak berlebihan; (b) Akhlak terhadap keluarga, yaitu; membantu orang tua, menghormati hak hidup anak, selalu membiasakan bermusyawarah dalam menyelesaikan setiap masalah, dan menjaga silaturrahmi antar keluarga; (c) Akhlak terhadap masyarakat atau orang lain, yaitu: saling membantu satu sama lain, menjenguk orang sakit dan bela sungkawa, saling mendo’akan sesama Muslim serta menjamu tamu; dan (3) Nilai pendidikan akhlak terhadap alam, yaitu: menjaga kelestarian alam, memperhatikan ekosistem dan menentukan lahan yang tepat untuk didirikan bangunan dan penghijauan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Akhlak; dan Media. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 08:18 |
Last Modified: | 26 Apr 2012 08:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18297 |
Actions (login required)
View Item |