Peran Pondok Pesantren Ma’ahid Kudus Dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Ma’ahid Kudus)

Nurmalasari, Dian (2012) Peran Pondok Pesantren Ma’ahid Kudus Dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Ma’ahid Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Pesantren adalah lembaga yang dapat dikatakan merupakan wujud proses perkembangan sistem pendidikan Islam yang juga memerlukan inovasi dalam pendidikan, bukan hanya pendidikan bagi santri di dalamnya akan tetapi juga pendidikan bagi masyarakat di sekitarnya yang berbentuk kegiatan-kegiatan yang banyak mengkaji keagamaan. Pendidikan masyarakat adalah suatu gagasan yang berupa konsep, hasil penelitian dan penerapan pengembangan di masyarakat yang mempunyai fungsi membimbing dan meningkatkan pola pikir masyarakat terhadap semua perkembangan dunia yang sedang terjadi saat ini. Pendidikan yang ada pada lembaga Ma’ahid Kudus berbentuk pendidikan formal(di dalam sekolah) dan pendidikan luar sekolah. Dan saat ini yang penulis teliti adalah pendidikan luar sekolah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pondok pesantren Ma’ahid Kudus dalam meningkatkan pendidikan masyarakat dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena data-data yang diperoleh adalah berupa kata-kata yang perlu dijabarkan. adapun yang dijadikan sebagai subyek penelitian ini diantaranya pengasuh pondok pesantren, ustadz pengajian dan pengelola pengajian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan kesimpulan bahwa Pelaksanaan pendidikan masyarakat yang diselenggarakan oleh pondok pesantren Ma’ahid Kudus adalah upaya membentengi masyarakat dari tradisi-tradisi yang berbau syirik hal itu terbukti setelah masyarakt mengikuti pengajian tidak ada yang mengikuti tradisitrdisi tersebut karena dari peserta pengajian telah dibekali oleh ilmu agama yang mendalam melalui bimbingan keagamaan dalam rangka menanamkan nilai-nilai keislaman dan membentuk akhlak yang mulia. Adapun dari faktor pendukung dan penghambat diantaranya adalah1). Adanya tenaga pengajar yang berada di lingkungan pondok pesantren.2) adanya tenaga pengajar dari madrasah yang membantu dan mendukung terlaksananya pengajian. 3) adanya kesadaran dari masyarakat untuk menambah ilmu. 4) adanya semangat dari masyarakat untuk menjalin silaturahmi.1) adanya faktor alam yaitu curah hujan tinggi menyebabkan jumlah peserta pengajian menurun. 2) Dari masyarakat lebih mengedepankan profesi pekerjaan daripada pengajian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok pesantren dan Pendidikan Masyarakat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 07:04
Last Modified: 26 Apr 2012 07:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item