Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Arab Antara Yang Menggunakan Multimedia Dan Tanpa Menggunakan Multimedia (Studi Komparatif di Kelas 3 SDIT Ar-Risalah Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)

Parjiyanti, Safitri (2012) Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Arab Antara Yang Menggunakan Multimedia Dan Tanpa Menggunakan Multimedia (Studi Komparatif di Kelas 3 SDIT Ar-Risalah Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran )
laMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

Pentingnya Pendidikan agama Islam bagi anak sejak dini merupakan sarana mengembangkan karakter dasar yang tidak dapat dipisahkan dengan Al-Qur’an dan bahasa Arab. Al Qur’an sebagai sistem hidup akan mampu diperoleh hasil yang optimal apabila semua umat Islam menguasai bahasa Arab dengan baik. SDIT Ar-Risalah Surakarta mempunyai perhatian khusus terhadap pembelajaran Pendidikan agama Islam, terutama bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab yan telah berjalan selama ini hanya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa merasa sulit dalam menerima pelajaran bahasa Arab. Hal tersebut, secara langsung ataupun tidak langsung akan terkait dengan kualitas hasil belajar. Maka untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu menggunakan multimedia. Sebuah pembelajaran yang menggunakan teknologi perpaduan visual, audio, dan audio visual. Sebab teknologi ini dapat menarik perhatian siswa dan mempertinggi kualitas pembelajaran. Pengaruh multimedia terhadap mutu pendidikan siswa sangat besar. Untuk mengetahui secara pasti keefektifan penggunaan multimedia, perlu dibuktikan secara empiris. Maka penelitian ini membatasi permasalahan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan perbedaan prestasi belajar bahasa Arab yang menggunakan multimedia dan tanpa multimedia di kelas 3 SDIT Ar-Risalah Surakarta tahun ajaran 2009-2010. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan dan membuktikan perbedaan prestasi belajar pada pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan multimedia dan tanpa multimedia di kelas 3 SDIT Ar-Risalah Surakarta tahun ajaran 2009-2010. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode yang mengutamakan studi komparatif dengan suatu pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode eksperimen, observasi, interview, dan dokumentasi. Metode eksperimen yang dilakukan adalah dengan menetapkan dua variabel. Pertama, variabel independen bersifat non-metrik dengan dua kategori yaitu pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan multimedia dan tanpa menggunakan multimedia. Kedua, variabel dependen yang bersifat metrik yaitu prestasi belajar. Metode analisis yang dipakai menggunakan analisis statistik uji t dua pihak dengan menggunakan bantuan program SPSS 15.00. Adapun langkah melakukan uji t Test adalah menggunakan independent sample t Test dengan asumsi data berdistribusi normal kemudian menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,147. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel yang sebesar 1,645 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa pada kelas dengan pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan multimedia dan tanpa menggunakan multimedia di kelas 3 SDIT Ar-Risalah Surakarta. Dengan demikian, Ha yang mengatakan bahwa ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab yang menggunakan multimedia dan tanpa menggunakan multimedia dinyatakan diterima dan Ho tidak ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab yang menggunakan multimedia dan tanpa menggunakan multimedia dinyatakan ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar bahasa Arab, multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 06:41
Last Modified: 26 Apr 2012 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item View Item