Firdaus, Firdaus (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (142kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. Keberhasilan suatu sekolah terletak pada kemampuan pimpinan sekolah dalam mengelola semua sumber daya yang tersedia. Oleh karena itu seorang pimpinan sekolah yang profesional sebagai usaha meningkatkan mutu SDM dalam pendidikan adalah sebuah keniscayaan yang harus terpenuhi. SDM yang harus ditingkatkan adalah seperti sikap profesional guru dan karyawan, baik secara kognitif, afektif, dan psikomotorik agar dapat menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan efisien. SMP Muhammadiyah 8 Surakarta termasuk salah satu sekolah swasta dengan terakreditasi A. Sekolah ini memiliki kelebihan dalam pembelajaran yang menerapkan sistem fullday school, serta kurikulum sekolah yang memadukan antara kurikulum Depdiknas dan kurikulum Dikdasmen Muhammadiyah. Sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran fullday school diharapkan memiliki tenaga pengajar yang lebih profesional dan berkualitas. Kepemimpinan kepala sekolah diharapkan dapat mengedepankan visi dan misi, mengutamakan musyawarah, serta menghargai pendapat dari anggotanya. Maka dari itu, kepala sekolah perlu mendayagunakan SDM secara optimal, sehingga mampu mewujudkan tujuan dan sasaran sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, usaha dalam meningkatkan SDM, serta apa saja problem yang muncul dalam meningkatkan kualitas SDM dan solusi mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah, usaha-usaha dalam meningkatkan SDM, serta problem yang muncul dalam peningkatan SDM dan solusi mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan karyawan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah terbukti efektif dengan adanya tiga corak gaya kepemimpinan. Usaha-usaha dalam peningkatan SDM melalui MGMP, pengajian, diskusi, pelatihan-pelatihan serta pemberian gaji dan reward. Adapun problem yang muncul adalah 1) belum menyatunya visi dan misi antar guru, solusinya pihak sekolah mengadakan rapat dan pendekatan individual secara khusus; 2) minimnya arahan dan pengawasan, solusinya adalah dengan melakukan pendekatan personal dan memberikan pengawasan secara rutin melalui kunjungan kelas; 3) masalah finansial, solusinya adalah komite sekolah mencarikan dana shadaqah, serta menaikkan SPP bagi yang mampu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak G000/2012-10 |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas SDM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 06:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 06:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18289 |
Actions (login required)
View Item |