Peran Pondok Pesantren 'Ibaadurrahman Danukusuman Surakarta Dalam Upaya Memberdayakan Masyarakat Melalui Pendidikan Islam Nonformal

Ardani, Ardani (2012) Peran Pondok Pesantren 'Ibaadurrahman Danukusuman Surakarta Dalam Upaya Memberdayakan Masyarakat Melalui Pendidikan Islam Nonformal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Mulai menjauhnya masyarakat Islam dari Al Qur’an dan Sunnah merupakan hal yang sangat memprihatinkan. Akibatnya banyak di kalangan umat ini yang tidak paham terhadap ajaran agamanya sendiri. Oleh karena itu, masyarakat perlu diberdayakan agar mau dan mampu memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan pendidikan Islam nonformal bagi masyarakat. Salah satu lembaga yang masih menunjukkan eksistensinya dalam membina masyarakat melalui pendidikan Islam nonformal adalah Pondok Pesantren ‘Ibaadurrahman, Danukusuman, Surakarta. Sesuai dengan beberapa realita di atas, masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana peranan Pondok Pesantren ‘Ibaadurrahman dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan Islam nonformal? (2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pondok Pesantren ‘Ibaadurrahman? Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peranan Pondok Pesantren 'Ibaadurrahman dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan Islam nonformal’ dan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pondok Pesantren ‘Ibaadurrahman. Adapun hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat yaitu, secara teoritis: menambah khazanah keilmuan, terutama mengenai optimalisasi peran Pesantren dalam pemberdayaan masyarakat dan dalam manajemen Pesantren sehingga mampu mengaktualisasikan dirinya di tengah pergaulan masyarakat modern, dan secara praktis : meningkatkan tambahan ilmu dan wawasan sebagai informasi yang bermanfaat untuk penelitian selanjutnya serta menjadi bahan dalam upaya peningkatan kualitas dan mutu Pembelajaran materi keislaman oleh lembaga pendidikan dan dakwah Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan Islam yang diupayakan oleh Pondok Pesantren Ibaadurrahman dikelompokkan ke dalam 4 bidang : Tahsin dan Tahfidz Qur’an, Majelis Taklim, TPA Ibaadurrahman dan maktabah Ibaadurrahman. Keseluruhan program tersebut berjalan dengan baik dan menunjukkan kemajuan yang bagus dalam pengembangan wawasan keislaman masyarakat.Agar kegiatan program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan Islam oleh Pondok Pesantren Ibaadurrahman menjadi lebih baik hendaknya pihak pengelola mengembangkannya baik itu metode maupun sarana-prasarana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-12
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren ‘Ibaadurrahman, pendidikan Islam nonformal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 06:08
Last Modified: 04 Jul 2012 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18287

Actions (login required)

View Item View Item