Hubungan Antara Intelegensi Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa

SALIM, EMIRA (2012) Hubungan Antara Intelegensi Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Motivasi memegang peranan yang penting dalam proses belajar. Untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan tidak hanya dibutuhkan motivasi yang kuat dalam belajar, melaikan intelegensi juga memegang peranan yang penting dalam kesuksesan serta keberhasilan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui ada tidaknya hubungan antara intelegensi dengan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah apakah ada hubungan antara intelegensi dengan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII SMK Harapan Kartasura dan diperoleh sampel untuk penelitian sebanyak tiga kelas yang terdiri dari kelas XII O.B, XII O.C dan XII T.B. keseluruhan sample berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah cluster random sampling. Analisis data menggunakan teknik product moment diperoleh hasil r = 0,473 ; p = 0,000 (p < 0,01) menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara intelegensi dengan motivasi belajar. Artinya semakin tinggi intelegensi maka akan semakin tinggi motivasi belajar. Intelegensi tergolong superior ditunjukkan oleh ME = 120,310. motivasi belajar tergolong tinggi ditunjukkan dengan ME = 131,014 dan MH = 122,5 Sumbangan efektif intelegensi terhadap motivasi belajar sebesar 22,4% ditunjukkan oleh koefisien determinan r² = 0,224. hal ini berarti masih ada 77,6% variable lain yang mempengaruhi motivasi belajar diluar factor intelegensi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak E100/2012-06
Uncontrolled Keywords: Intelegensi ,Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 25 Apr 2012 11:23
Last Modified: 02 Jul 2012 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item