Lestari, Atik Puji (2008) ANALISIS FAKTOR–FAKTOR EKUITAS MEREK BERBASIS KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI INTESITAS PEMBELIAN PRODUK TELKOMSEL. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040406.pdf Download (186kB) |
|
PDF
B100040406.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
Abstract
Untuk meraih penjualan yang maksimal maka perusahaan perlu melakukan strategi terhadap konsumen, yakni ekuitas merek yang salah satunya adalah dengan membangun citra merek. Citra merupakan jumlah dari gambaran– ambaran, kesan–kesan dan keyakinan–keyakinan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu obyek. Citra merek merepresentasikan keseluruhan persepsi dari terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Produsen menyadari bahwa kekuasaan justru terletak pada perusahaan yang memegang merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brand loyalty (kesetiaan), perceived quality (Kepuasan), brand awareness (kepedulian),dan brand image (citra) berpengaruh terhadap intensitas pembelian produk Telkomsel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Surakarta. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 konsumen. Kuesioner yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan interval 1-5. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows. Hasil uji t untuk variabel kepedulian (brand awarness) diperoleh nilai thit sebesar 2,043 > dari ttabel 1,960 maka H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepedulian (X1) terhadap intensitas pembelian produk Telkomsel. Hasil uji t untuk variabel kepuasan (perceived quality) diperoleh nilai thit sebesar 2,891 > dari ttabel 1,960 maka H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepuasan (X2) terhadap intensitas pembelian produk Telkomsel. Hasil uji t untuk variabel loyalitas (brand loyalty) diperoleh nilai thit sebesar 2,453 > dari ttabel 1,960 maka H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel loyalitas (X3) terhadap intensitas pembelian produk Telkomsel. Hasil uji t untuk variabel citra (brand image) diperoleh nilai thit sebesar 2,280 > dari ttabel 1,960 maka H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel citra (X3) terhadap intensitas pembelian produk Telkomsel.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand loyalty, perceived quality, brand awareness, brand image dan intensitas pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 May 2009 02:19 |
Last Modified: | 02 Feb 2011 05:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1822 |
Actions (login required)
View Item |