KURNIA, SEPTIAN ANDI (2012) Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Perjanjian Kartu Kredit (Studi di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Madiun). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (95kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui prosedur penerbitan kartu kredit di Bank BNI Madiun; (2) Untuk mengetahui hubungan hukum antara para pihak dalam penerbitan kartu kredit; (3) Untuk mengetahui tanggung jawab pihak Bank BNI Madiun dan pemegang kartu kredit. Penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Metode analisis bersifat kualitatif, yaitu suatu pembahasan yang dilakukan dengan cara memadukan antara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Sumber data diperoleh dari responden secara tertulis atau lisan serta juga tingkah laku yang nyata, serta diperoleh dari buku atau literatur-literatur lainnya. Sumber data penelitian ini adalah Pimpinan atau staf pegawai Bank BNI Madiun dan nasabah Bank BNI Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap-tahapan penerbitan kartu kredit yang disyaratkan oleh penerbit kartu kredit dan harus dipenuhi oleh calon pemegang kartu kredit adalah mengisi surat permohonan, mengisi formulir perjanjian, membayar uang muka, menunjukkan rekening di Bank atau deposito di Bank, menunjukkan akta pendirian surat ijin perusahaan (bagi mereka yang mempunyai perusahaan sendiri); (2) Hubungan hukum para pihak dalam penggunaan kartu kredit didalam lalu lintas pembayaran merupakan realisasi dari perjanjian yang telah dilakukan oleh para pihak yang terkait dalam pengunaan kartu kredit. Perjanjian yang dilakukan oleh para pihak merupakan perjanjian segi tiga antara tiga pihak yaitu: Perusahaan/Bank penerbit kartu kredit dengan pemegang kartu kredit (card holder), Perusahaan/Bank penerbit kartu kredit dengan pengusaha/pedagang (merchant), Pemegang kartu kredit dengan pengusaha/pedagang yang menerima pembayaran dengan kartu kredit; (3) Bentuk tanggung jawab pihak Bank BNI adalah memberikan pelayanan yang baik kepada setiap nasabahnya, mengganti dengan kartu yang baru bagi pemegang yang kartu kreditnya hilang, kemudian mencantumkan nomor kartu kredit yang hilang dalam daftar hitam yang bertujuan agar tidak disalah gunakan oleh orang lain. Sementara itu bentuk tanggung jawab pemegang kartu kredit adalah Pemegang kartu bertanggung jawab untuk membayar sejumlah tagihan sesuai pemberian dari bank,yang terhitung seperti yang tertera dalam rekening tagihan (billing statement) setiap bulan pada pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak bank, Pemegang kartu kredit bertanggung jawab untuk menjaga kartu kreditnya agar tidak hilang atau dipakai oleh pihak lain,dimana bila sampai terjadi kehilangan agar untuk segera melapor kepada pihak bank.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perjanjian, kartu kredit |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2012 04:52 |
Last Modified: | 21 Apr 2012 10:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18138 |
Actions (login required)
View Item |