Lina, Eka Masri Ayu (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Heads Together) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Biologi Siswa Kelas Viid Smp Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.halaman_judul.pdf Download (768kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (648kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (570kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Adanya peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Colomadu melalui model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dengan media gambar; 2. Adanya peningkatan aktivitas belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Colomadu melalui model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dengan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Colomadu dengan jumlah siswa 32 siswa wanita 13 siswa dan laki-laki 19 siswa. SMP Negeri 2 Colomadu terletak di Pulosari, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, angket dan test serta dokumentasi. Rancangan penelitian menggunakan prosedur dialog awal, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Instrument penilaian meliputi penilaian kognitif, afektif dan keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I persentase keaktifan siswa adalah 59.375% dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 81.25%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan keaktifan siswa sebanyak 21,875% dari siklus I ke siklus II. Hasil tes kognitif siklus II persentase ketuntasan 90,63%, hal ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil prestasi belajar dilihat dari aspek kognitif bila dibandingkan pada siklus I sebesar 50% menjadi 90,63% pada siklus II. Nilai afektif siswa terjadi peningkatan siswa sangat baik sebanyak 7 siswa atau 21,875% siswa yang pada kategori baik sebanyak 12 siswa atau 37,5%; siswa yang kurang baik sebanyak 7 siswa atau 21,875% dan siswa yang tidak baik sebanyak 6 siswa atau 18,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT ( Numbered Heads Together) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar ( kognitif dan afektif), proses (keaktifan), NHT (Numbered Heads Together), media gambar, organisasi kehidupan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 11:13 |
Last Modified: | 19 Apr 2012 11:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18092 |
Actions (login required)
View Item |