Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Di Kelas Viii B Semester II SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Susanti, Mevia (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Di Kelas Viii B Semester II SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa pada materi gerak pada tumbuhan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan Macromedia flash pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, dan pengamatan sikap keaktifan siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif). Penelitian ini diawali dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan Macromedia flash dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 72,52 dengan ketuntasan 72,5%; ranah afektif = 28%. Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif = 82,35 dengan ketuntasan 80%; ranah afektif = 56,4. Rata-rata hasil belajar siklus III ranah kognitif =83,6 dengan ketuntasan 87,5%; ranah afektif = 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan Macromedia flash dapat meningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif), penerapan strategi pembelajaran Snow Balling, Macromedia flash.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 11:01
Last Modified: 19 Apr 2012 11:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item