Susanti, Mevia (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Di Kelas Viii B Semester II SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (391kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa pada materi gerak pada tumbuhan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan Macromedia flash pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, dan pengamatan sikap keaktifan siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif). Penelitian ini diawali dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan Macromedia flash dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 72,52 dengan ketuntasan 72,5%; ranah afektif = 28%. Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif = 82,35 dengan ketuntasan 80%; ranah afektif = 56,4. Rata-rata hasil belajar siklus III ranah kognitif =83,6 dengan ketuntasan 87,5%; ranah afektif = 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan Macromedia flash dapat meningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif), penerapan strategi pembelajaran Snow Balling, Macromedia flash. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 11:01 |
Last Modified: | 19 Apr 2012 11:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18091 |
Actions (login required)
View Item |