Sari, Devi Ranita (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pairshare (TPS) Menggunakan Media Flash Movie Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (684kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) menggunakan media flash movie pada siswa kelas VII SMP AL – Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, dengan guru IPA sebagai kolaborator. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VIIB SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, wawancara langsung, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan aktivitas siswa sebesar 51,71% 2) tindakan siklus I aktivitas siswa sebesar 68,75% 3) tindakan siklus II aktivitas siswa sebesar 74,55%. Sedangkan peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan hasil belajar siswa yang tuntas kkm (67) sebesar 60,71% 2) tindakan siklus I hasil belajar siswa yang tuntas kkm meningkat sebesar 71,43% 3) tindakan siklus II hasil belajar siswa yang tuntas kkm meningkat sebesar 85,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model belajar Think-Pair-Share (TPS) menggunakan media flash movie dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-13 |
Uncontrolled Keywords: | Think-Pair-Share (TPS), flash movie, hasil belajar, aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 10:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18087 |
Actions (login required)
View Item |