Prihatin, Sri (2012) Pengaruh Tipologi Belajar Dan Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (175kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tipologi belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 188 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif serta sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 25,577 + 0,507.X1 + 0,674.X2, artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh tipologi belajar dan kesulitan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Tipologi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel tipologi belajar sebesar 5,762 sehingga thitung > ttabel atau 5,762 > 1,980 (α = 0,05). (2) Kesulitan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kesulitan belajar sebesar 5,558 sehingga thitung > ttabel atau 5,558 > 1,980 (α = 0,05) (3) Tipologi belajar dan kesulitan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 47,903 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Variabel tipologi belajar memberikan sumbangan efektif 22,78% dan variabel kesulitan belajar memberikan sumbangan efektif 21,62%. Jadi total sumbangan relatif adalah 44,4% sedangkan 55,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-06 |
Uncontrolled Keywords: | tipologi belajar, kesulitan belajar dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 08:08 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18073 |
Actions (login required)
View Item |