Winahyu, Ismita (2012) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosi Dan Komunikasi Mahasiswa Dengan Dosen Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Tahun Akademik 2009/2010 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Ums. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (739kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar manajemen keuangan 2) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi mahasiswa dengan dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan 3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 200 mahasiswa sehingga sampel yang digunakan 25% dari populasi dan sampling yang di gunakan adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 1,605 + 1,134X1 + 0,931X2, artinya prestasi belajar manajemen keuangan dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kecerdasan emosi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Kecerdasan emosi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kecerdasan emosi sebesar 2,267, sehingga thitung > ttabel atau 2,267 > 2,012 (α = 0,05); 2) komunikasi mahasiswa dengan dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel komunikasi mahasiswa dengan dosen sebesar 2,195, sehingga thitung > ttabel atau 2,195 > 2,012 (α = 0,05); 3) kecerdasan emosi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar manajemen keuangan sebesar 52,57% dan sumbangan efektif 24,20% Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 19,752 > 2,195 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,457, berarti 45,7% prestasi belajar manajemen keuangan dipengaruhi oleh variabel kecerdasan emosi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen 5) Sumbangan efektif variabel kecerdasan emosi (X1) memberikan kontribusi sebesar 24,20% terhadap prestasi belajar manajemen keuangan, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 45,59 sementara komunikasi mahasiswa dengan dosen (X2) memberikan kontribusi sebesar 21,39% terhadap prestasi belajar manajemen keuangan, sementara 54,3% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosi, komunikasi mahasiswa dengan dosen dan prestasi belajar manajemen keuangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 06:43 |
Last Modified: | 19 Apr 2012 06:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18065 |
Actions (login required)
View Item |