Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Saraswati, Yeni (2012) Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
DEPAN.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh motivasi untuk mengetahui berita-berita baru terhadap sikap membaca surat kabar digital. 2) Menganalisis pengaruh motivasi untuk mencari informasi-informasi tertentu terhadap sikap membaca surat kabar digital. 3) Menganalisis pengaruh motivasi untuk pencarian berita-berita yang dimutakhirkan terhadap sikap membaca surat kabar digital. 4) Menganalisis pengaruh motivasi hiburan terhadap sikap membaca surat kabar digital. 5) Menganalisis pengaruh motivasi kebiasaan terhadap sikap membaca surat kabar digital pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara membuat dokuman yang ada pada perusahaan yang mencakup data umum perusahaan sampai dengan data yang ada relevansinya dengan materi penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan R2. Simpulan yang diperoleh adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 2,560 + 0,219X1 + 0,152X2 + 0,201X3 + 0,190X4 + 0,526X5, artinya bahwa bahwa faktor motivasi berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk motivasi pada berita-berita baru sebesar 2,419 > ttab 1,990, variabel motivasi pada mencari informasi-informasi thitung 1,318 < ttab 1,990, variabel motivasi pada berita yang dimutakhirkan thitung 2,327 > ttab 1,990, variabel motivasi pada hiburan thitung 2,196 > ttab 1,990, dan variabel motivasi pada kebiasaan thitung 5,777 > ttabel 2,014. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa faktor motivasi berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, kecuali pada faktor mencari informasi yang tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital. 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 45,513 > 2,290 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara faktor motivasi terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 4) Hasil perhitungan uji R2 diperoleh sebesar 0,708, artinya bahwa 70,80% variasi variabel sikap mahasiswa pengguna berta digital dapat dijelaskan oleh variabel faktor motivasi yang terdiri dari berita-berita baru, mencari informasi-informasi tertentu, pencarian berita-berita yang dimutakhirkan, hiburan, kebiasaan, sedangkan sisanya yaitu 29,20% merupakan variabel yang tidak diteliti, misalnya kemudahan mencari informasi, kebutuhan mencari informasi, dan lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor motivasi (berita-berita baru, pencarian informasi tertentu, pencarian berita yang dimutakhirkan, waktu luang untuk hiburan, kebiasaan), sikap
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Apr 2012 06:41
Last Modified: 19 Apr 2012 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item View Item