Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Kualitas Pelayanan Kerja Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo

WHARDANA, BASKARA HANUNG KUS (2012) Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Kualitas Pelayanan Kerja Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Sebagai organisasi pemerintah yang melaksanakan tugas pengumpulan pajak, maka Kantor Pelayanan Pajak memiliki peran dan fungsi penting dan berkewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat secara baik. Petugas di KPP tidak dapat berbuat atau berperilaku ha nya berdasarkan aturan, prosedur, ketentuan dan kebiasaan belaka akan tetapi harus dapat memenuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui pelayanan yang terbaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bukti empiris tentang persepsi wajib pajak orang pribadi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo dan adanya perbedaan persepsi wajib pajak orang pribadi terhadap kualitas pelayanan di KPP Pratama Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kue sioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang membayar pajak di KPP Pratama Sukoharjo. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 orang wajib pajak. Data yang diperoleh di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan uji beda satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wajib pajak orang pribadi memberikan tanggapan yang positif terhadap kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo. Nilai rata-rata reliability= 4,36, responsiveness= 4,26, assurance= 4,38, emphaty= 4,48, dan tangibles= 4,35 artinya mayoritas responden menjawab option setuju; (2) Terdapat perbedaan di antara para wajib pajak di KPP Pratama Sukoharjo terhadap tingkat pelayanan kantor pajak khususnya pada dimensi keandalan (reliability), tanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance), perhatian (empathy), dan keberwujudan (tangible). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Chi Square yang diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis terhadap dimensi reliability memperoleh nilai ? 2 hitung sebesar 79,800, dimensi responsiveness sebesar 82,160, dimensi assurance sebesar 38,960, dimensi emphaty sebesar 90,200, dan dimensi tangible sebesar 37,160, semuanya diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa meski secara umum responden memberikan tanggapan yang positif terhadap kualitas pelayanan pajak di KPP Pratama Sukoharjo, namun masih terdapat beberapa responden yang masih merasakan kurang maksimalnya pelayanan. Oleh karena itu petugas pajak di KPP Pratama harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat melalui kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan serta tanggung jawab yang baik dan terkoordinasi, memberikan solusi yang optimal dan terbaik untuk menuju kesempurnaan pelayanan (service excellent).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi wajib pajak, kualitas pelayanan, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 10:00
Last Modified: 18 Apr 2012 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item