Analisis Laba Akuntansi Dan Laba Fiskal Dalam Perhitungan Laba Kena Pajak Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta

Susanti, Indah (2012) Analisis Laba Akuntansi Dan Laba Fiskal Dalam Perhitungan Laba Kena Pajak Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
INDAH_COVER.pdf

Download (594kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
INDAH_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
INDAH_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
INDAH_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
INDAH_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab V)
INDAH_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
INDAH_Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
INDAH_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Laporan keuangan perusahaan diharapkan dapat memberi informasi bagi (calon) investor dan (calon) kreditur guna mengambil keputusan yang terkait dengan investasi dana mereka. Diharapkan laporan keuangan mampu mencerminkan kondisi keuangan perusahaan sesuai dengan kondisi riil perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal dalam perhitungan laba kena pajak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Studi kasus merupakan salah satu jenis penelitian yang didasarkan pada suatu keadaan atau tempat tertentu yang telah ditentukan sebelumnya dengan disertai adanya pembatasanpembatasan terhadap masalah yang akan diteliti. Adapun metode pendekatan yang digunakan adalah komparatif yaitu membandingkan antara laba akuntansi dan yang disebabkan perbedaan permanen dan perbedaan sementara. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta hingga akhir tahun 2010. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi barang-barang konsumen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, yaitu PT Mustika Ratu Tbk dan PT. Unilever Indonesia. Teknik pengumpulan sampel secara Purposive Sampling yaitu teknik pengambil sampel dengan kriteria tertentu. Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa laba yang dihitung menurut akuntansi dan laba yang dihitung menurut perpajakan tidak berbeda. Hal inid isebabkan perbedaan konsep, cara pengukuran dan pengakuan pendapatan serta biaya yang berbeda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa laba akuntansi dan laba fiskal tidak terdapat perbedaan dalam perhitungan laba penghasilan kena pajak dengan hasil t hitung < t tabel (ρ = 0,193 > α = 0,05). Mengingat tidak adanya perbedaan yang signifikan antara laba kena pajak tiap tahun menurut laba akuntansi dengan laba menurut perpajakan maka tidak ada pengaruh pada penetapan penghasilan kena pajak yang dikenakan perusahaan sebagai wajib pajak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-08
Uncontrolled Keywords: Laba Akuntansi, Laba Fiskal, Laba Kena Pajak, Customer Goods
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Apr 2012 09:24
Last Modified: 26 Jun 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item View Item