Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta)

ANTINI, AMELIA TRI (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan fiskus yang terdiri dari kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud fisik terhadap tingkat kepuasan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta yang meliputi wajib pajak badan, orang pribadi dan bendaharawan. Sampel yang digunakan berjumlah 100 wajib pajak. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan sampel acak berstrata proporsional. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak. Metode analisis dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi berganda dan uji beda T-Test.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud fisik dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan wajib pajak (uji - F sebesar 57,465 dengan sig. 0,000 < 0,05). Dimensi kualitas pelayanan yang berpengaruh secara dominan terdiri dari : variabel kehandalan berpengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak (uji - t = 4,775 dengan sig. 0,000 < 0,05). Wujud fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak (uji - t = 5,786 dengan sig. 0,000 < 0,05). Empati berpengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak (uji - t = 3,252 dengan sig. 0,002 < 0,05). Sedangkan kualitas pelayanan fiskus antara penilaian dan harapan wajib pajak tidak mengalami perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan wajib pajak puas terhadap pelayanan fiskus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-23
Uncontrolled Keywords: Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, Wujud Fisik dan Kepuasan Wajib Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 09:20
Last Modified: 26 Jun 2012 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item View Item