APRILIA, ANITA ASTRI (2012) Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pendidik Dan Mahasiswa Akuntansi (Ums) Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi Akuntan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (270kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pentingnya etika dalam dunia bisnis memberikan sinyalemen kepada organisasi pendidikan dan profesi untuk mencermati bagaimana pemahaman akuntan dan calon akuntan terhadap persoalan-persoalan etika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara persepsi akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi (UMS) terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan. Untuk menguji penelitian ini penulis mengambil 77 sampel responden dengan teknik convinience sampling yang mewakili 25 responden akuntan publik, 21 responden akuntan pendidik, dan. 31 responden mahasiswa akuntansi UMS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Untuk memperoleh nilai yang mendukung tujuan penilitian ini dilakukan uji non-parametrik kruskall walls dan uji parametrik One Way Anova untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi (UMS) terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis antara akuntan publik, akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi (UMS) didasarkan pada hasil uji non-parametrik kruskal walls yang memperoleh nilai 12,799 > 5,591 signifikan pada taraf p-value 0,002 (p<0,05). Kemudian pada persepsi akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi (UMS) terhadap etika profesi akuntan didasarkan pada hasil uji parametrik one way anova memperoleh nilai 5,118 > 3,08 signifikan pada taraf p-value 0,008 (p<0,05)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis, Etika Profesi Akuntan, Akuntan Publik, Akuntan Pendidik, Mahasiswa Akuntansi (UMS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2012 06:58 |
Last Modified: | 17 Apr 2012 09:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17998 |
Actions (login required)
View Item |