Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Proporsi Anggaran Belanja Modal Tahun 2008-2010 (Studi Empiris Pemerintah Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah)

MALISI, SIBRO (2012) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Proporsi Anggaran Belanja Modal Tahun 2008-2010 (Studi Empiris Pemerintah Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (578kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui esensi dari pada Pertumbuhan Ekonomi (PDRB), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap proporsi anggaran pada Belanja Modal. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep penganggaran bagi pemerintah daerah, sehingga anggaran yang disusun mampu efektif dan juga efisien dalam realisasinya. Terutama yang berhubungan dengan kebutuhan anggaran belanja modal pemerintah daerah. Metode penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, dimana penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi atau pengaruh tiaptiap variabel yang terdiri dari PDRB, PAD, dan DAU terhadap Proporsi Anggaran Belanja Modal. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode pemerintahan 2008-2010. Berdasarkan hasil penelitian pada model regresi diketahui bahwa variabel PDRB berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap proporsi Anggaran Belanja Modal, sedangkan variabel PAD dan DAU memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap proporsi Anggaran Belanja Modal. Kemudian pengujian secara simultan hasilnya menunjukan bahwa variabel PDRB, PAD, dan DAU secara simultan berpengaruh terhadap proporsi Anggaran Belanja Modal. Selain itu deteminasi variabel independen yang mampu menjelaskan variabel dependen pada model regresi hasilnya kurang dominan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PDRB, PAD, DAU, Belanja Modal
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 06:47
Last Modified: 17 Apr 2012 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17996

Actions (login required)

View Item View Item